Merawat Koi

Berikut beberapa Tips Cara merawat Koi yang benar:
* Pertama – tama kita harus persiapkan kolam koi yang benar dan yang mendukung untuk koi nyaman hidup dan berenang dikolam tersebut, antara lain: jaga kualitas air kolam koi karena itu merupakan penentu keberhasilan dalam merawat Koi, caranya Kolam koi harus terbebas dari zat-zat kimia, biasanya kolam Koi baru yang terbuat dari semen masih menyisakan bau yang berbahaya. rendam kolam dengan air sampai beberapa hari suapaya bau semen hilang sekiranya seminggu terus kita ganti air dan seminggu kemudian kita ganti air lagi dan rendam selama 5-7 hari baru isi dengan ikan biasa dulu untuk cek air kolam apakah layak untuk dihuni ikan. Kualitas air untuk mendukung perkembangan koi secara optimum adalah sebagai berikut:
1. v suhu air berkisar 24-26oC,
2. v pH 7,2-7,4 (agak basa),
3. v oksigen minimal 3-5 ppm,
4. v CO2 max 10 ppm,
5. v nitrit max 0,2.

* Beli ikan koi jangan dipasar ikan kalau kamu tidak bisa mengkarantina ikan koi, karena biasanya dipasar ikan itu bukan koi karantina tapi koi baru yang stress karena dari perjalanan jauh pengiriman koi membuat ikan koi stress. Dan ikan koi yang stress pasti membawa penyakit, nah kalau dicampur ikan koi lama pastilah game over semua.
* Memilih Koi Yang sehat cirinya lihat ingsangnya kalau membiru jadi koi tersebut berpenyakit, kalau nafanya tidak normal alias keburu-buru jadi ikan tersebut stress, lihat badannya ada yang bercak merah atau siripnya merah jangan dibeli
* Jumlah Koi jangan terlalubayak di dalam Kolam, sesuaikan ukuran kolam dengan jumlah ikan yang dipelihara. Kolambayak membuat koi tidak tumbuh optimal dan mudah terserang penyakit
* Berikan makanan yang secukupnya dan pilihlah makanan koi yang berkualitas seperti san koi maupun lainnya yang khusus makanan koi supaya terjamin kesehatannya
Untuk karantina koi sakit maupun koi baru berikut caranya:
* Pisahkan koi yang sakit dengan cara mperhatikan perilaku ikan setiap saat, ikan sakit biasanya menunjukkan perilaku yang tidak biasa, segera dikarantina dan diobati, dimana kekurangan Oksigen juga menjadi penyebab kematian ikan koi, perhatikan apakah Koi selalu mengambang di pemukaan air sampil membuka mulutnya, perilaku ini akan lebih nampak di waktu subuh,jika demikian tambahkan aerator. Kalau ada tanda-tanda seperti itu langsung saja pisahkan dan beri obat healthy fish yang warnanya biru dan rendam koi dalam kolam karantina yang telah diobati selama setengah hati kemudian ganti air bersih selama 3jam emudian beri lagi obat tersebut selama sehari dan kemudian cek diair bersih lagi apakah sudah sembuh
* Jika menambah ikan baru hendaknya dikarantina terlebih dahulu, pastikan tidak membawa penyakit. Setelah pasti tidak membawa penyakit baru dimasukkan ke dalam kolam. Sistem karantinanya sama dengan cara mengkarantina koi sakit
Sedikit pengalaman dari saya tentang merawat koi, saya pernah merawat koi sampai puluhan koi dengan harga jutaan rupiah, namun ketika saya beli koi baru satu saja di pasar ikan yang belum dikarantina, maka yang terjadi matilah semua koi saya yang harganya total puluhan juta mati semua dalam seminggu.
Disetiap harinya koi satu persatu berguguran dan bikin gw strees berat. Tapi sekarang saya setelah mempelajari cara mememlihar koi dengan benar, maka saya sukses merawat koi, maka dari itulah saya akan bagikan beberapa tips cara merawat koi supaya sehat semua dan tidak mati-mati. Oke semoga bermanfaat.
Merawat IKAN KOI — Merawat Koi merupakan hobi yang sangat menyenangkan, karena keindahan ikan koi mampu menyejukkan pandangan dan menenteramkan pikiran. Koi berukuran jumbo yang berenang-renang di sekitar rumah menjadi hiburan tersendiri melepas kepenatan sehari bekerja. Sebagian masyarakat Jepang berkeyakinan bahwa merawat koi dapat mendatangkan hoki bagi pemiliknya. Akan tetapi sebagian orang tidak terlalu peduli dengan hal tersebut. Yang jelas beberapa pecinta koi memiliki pengalaman merawat koi dengan penuh ketekunan dan kesabaran, karena hobi tanpa disadari menghasilkan koi dengan kualitas unggul dan menang dalam berbagai kontes akhirnya koinya di hargai dengan harga mahal, mungkin ini yang disebut dengan hoki dalam merawat koi.
Terlepas dari itu semua bagi pecinta koi pemula tentu banyak hal yang harus dipahami dan dipertimbangkan sebelum memulai merawat ikan Koi. Banyak pecinta koi pemula harus stress karena koi yang dibeli dengan harga mahal mati setelah dimasukkan ke dalam kolam, alih-alih ingin mencari hiburan dengan melihat keindahan koi berenang di kolam tetapi malah pusing melihat ikan koi mengapung di kolam dan terus-terusan mati. Jangan cemas, berikut ada beberapa tips dalam merawat Koi bagi pemula, meski tidak menjamin 100% keberhasilan dalam merawat Koi tetapi paling tidak meminimalkan resiko kematian.

 

Tips merawat Ikan Koi

1. Persiapan Kolam Koi Yang Baik
Kualitas air kolam koi merupakan penentu keberhasilan dalam merawat Koi, ahli koi mengatakan bahwa merawat koi adalah memperhatikan kualitas air kolam yang baik. Kolam koi harus terbebas dari zat-zat kimia, biasanya kolam Koi baru yang terbuat dari semen masih menyisakan bau yang berbahaya. Hilangkan terlebih dahulu dengan merendam dengan air sampai beberapa hari, dan jangan buru-buru memasukkan koi ke dalam kolam. Setelah direndam buang air dan isi dengan air bersih.
2. Memilih Koi Yang sehat
Banyak Jenis dan kualitas Koi tersedia di pasaran dan Koi Farm, dari yang berharga murah sampai berharga mahal. Pilih yang sesuai kondisi keuangan dan selera, yang penting Ikan Koi dalam Kondisi Sehat. Sebagian pecinta koi menyarankan lebih baik merawat koi dengan kualitas baik 3 ekor daripada merawat koi jelek dengan jumlah 100 ekor.
3. Jumlah Koi jangan terlalu bayak di dalam Kolam,
sesuaikan ukuran kolam dengan jumlah ikan yang dipelihara. Kolambayak membuat koi tidak tumbuh optimal dan mudah terserang penyakit.

4. Jumlah makanan yag diberikan tidak berlebihan
pilih makanan yang berkualitas baik. Banyak makanan koi tersedia di pasaran dari yang berharga murah sampai mahal. Makanan Koi yang baik biasanya mahal karena sebagian diimport dari Jepang. Selain makanan bermutu baik juga disesuaikan dengan kualitas koi. Jangan sampai koi berharga 20 ribu diberi pakan seharga 150ribu per/kg, hanya akan membuat kantong kering tapi pertumbuhan koi tidak sebanding dengan dana. Memberikan makanan secara berlebihan membuat kolam cepat keruh,berapapun makanan yang diberikan koi akan tetap makan tetapi segera dikeluarkan menjadi kotoran.

5. memperhatikan Kualitas air kolam dalam kondisi bersih
Kualitas air hendaknya dijaga selalu stabil dalam kondisi bersih, jangan sampai ada perubahan suhu dan kondisi air yang sangat mencolok. memperhatikan Kualitas air kolam dilakukan dengan membuat sistem filter yang baik.Selain dengan sistem filter kolam yang baik, perlu penggantian air sebanyak 10% maksimum 1 minggu sekali, jika diperlukan lebih sering dari itu.Faktor penentu warna koi antara lain kualitas koi/bloodline (70%), air (20%), dan faktor lainnya (10%).
6. Jika menambah ikan baru hendaknya dikarantina terlebih dahulu
pastikan tidak membawa penyakit. Setelah pasti tidak membawa penyakit baru dimasukkan ke dalam kolam.

7. Perhatikan perilaku ikan setiap saat,
Ikan sakit biasanya menunjukkan perilaku yang tidak biasa, segera dikarantina dan diobati. Kekurangan Oksigen juga menjadi penyebab kematian ikan koi, perhatikan apakah Koi selalu mengambang di pemukaan air sampil membuka mulutnya, perilaku ini akan lebih nampak di waktu subuh,jika demikian tambahkan aerator.

8. merawat koi bagi pemula
sebaiknya dilakukan dari ukuran kecil kurang lebih 10-20 cm agar dapat belajar mengamati perkembangan koi dari waktu kewaktu. Pada ukuran tersebut biasanya sudah cukup mudah untuk dipelihara dan harga masih cukup murah.

Selamat merawat Koi.
Merawat dan merawat Ikan Koi yang baik suatu keharusan bagi hobiis. Pokok dasar yang perlu diketahui adalah kolam yang cocok, air yang sesui dan teknik pemberian pakan.
Kolam Ikan Koi Yang Cocok
Ikan Koi bisa di pelihara di kolam semen, kolam tanah, kolam taman. merawatan ikan koi dalam aquarium tidak dianjurkan. Karena koi membutuhkan areal berenang luas dan dalam. Selain itu, keindahan koi terletak pada punggung berwarna warni. Kalau dipelihara dalam aquarium keelokan tubuh dan warna tidak terlihat maksimal.
Ukuran kolam koi dianjurkan minimal 1,5m x 2m dalaman 80-50cm. Jika kolam telalu dangkal, badan ikan akan terus-menerus kena sinar matahari. Terlalu banyak kena sinar matahari dapat merubah warna tubuh koi jadi pucat dan pertumbuhan terhambat.
Perlu diperhatikan jarak air ke bibir kolam minimal 25cm berguna untuk mencegah koi melompat ke daratan. Kolam harus dilengkapi saluran pembuangan di bagian bawah. Di bagian atas kolam dipasang pipa untuk menyalurkan air bersih yang telah diendapkan.

Air Untuk Ikan Koin Yang Baik
• Filter empat lapis perlu dipasang untuk memperhatikan kebersihan dan kelancaran pasokan air. Filter empat lapis adalah
• Filter pertama terdiri dari kerikil, pasir, dan ijuk berfungsi menyaring sampah dan Lumpur yang mengotori kolam.
• Filter kedua berupa karbon zeolit berfungsi menghilangkan racun, bau tak sedap, dan membunuh bibit penyakit.
• Filter ketiga berupa pestisida yang tak mematikan bakteri pengurai yang berperan dalam proses penjernihan air kolam.
• Filter keempat berupa tanaman atau bebatuan yang dapat mengikat kotoran.
Derajat keasaman (pH) air yang cocok untuk pertumbuhan koi adalah 6,5-8,5. Untuk memperhatikan sirkulasi air bisa dipasang pompa yang mampu menyalurkan air sebanyak 25 liter per menit. Dengan cara ini, air kolam tak perlu sering dibersihkan, tapi perlu membersihkan filter dan bak filter. Caranya, semprot filter dengan air bersih sekitar 5-10 menit.
Bila menggunakan penyaring ini, sebaiknya penggantian air lakukan dua minggu sekali. Tujuannya untuk membuang zat-zat racun dari sisa-sisa makanan yang terurai menjadi nitrit berbahaya bagi kesehatan ikan.

 

 Tips Memilih Ikan Koi Berkualitas Baik

Sebagai Pusat ikan koi yang ingin serius mengembangkan bisnisnya, sebaiknya ketahui bagaimana cara memilih ikan koi yang bagus dan berkualitas. Mulai dari jenis ikan koi lokal hingga jenis ikan koi terbaik yang berasal dari Jepang. Memilih bibit ikan koi yang bagus juga tak kalah penting sebagai langkah awal untuk membudidayakan ikan koi terbaik yang diinginkan. Oleh sebab itu jangan pula salah pilih penyedia bibit ikan koi. Sebaiknya cari yang baik dan percayakan saja pada GinKoi dengan alamat web www.ginkoifarms.com Karena disini merupakan penyedia ikan koi super unggulan dan dijamin tidak mengecewakan. Namun demikian akan lebih baik jika memiliki sedikit pengetahuan bagaimana cara memilih ikan koi yang bagus seperti yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Pilih Koi Dengan Warna Jelas Serta Tegas
Selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu memilih jenis ikan koi yang memiliki warna yang cukup jelas dan tegas. Misalnya jika warna dasar ikan koi yaitu merah atau putih. Maka sebaiknya periksa dominasi warna tersebut. Jangan terlalu banyak bercampur sehingga tidak baik jika dilihat. Umumnya motif ikan koi yang bagus tentunya memiliki warna menarik yang jelas dan terang.
Kemudian sebaiknya masing-masing warna yang tertera di badan ikan koi terpisah dan tidak menyambung satu dengan yang lain. Ini yang dimaksud dengan warna ikan koi yang tegas. Misalnya untuk jenis ikan koi kohaku yang warna merahnya tegas dan tidak banyak bercampur dengan warna lain seperti warna putih.

Rincian Badan Ikan Koi
Ada beberapa hal penting yang harus diketahui tentang badan ikan koi yang bagus. Berikut ini beberapa hal yang menandkan bahwa ikan koi tersebut cukup baik dan berkualitas:
• Memiliki garis punggung yang lurus serta terdapat lengkungan punggung yang cukup wajar.
• Siripnya terlihat cukup sempurna dan tidak didapati adanya cacat akibat bawaan lahir maupun karena penyakit.
• Memiliki bentuk kepala yang sempurna termasuk hidung yang cukup baik serta tanpa adanya cacat di area seputar rahang.
• Memiliki rasio perbandingan yang cukup baik antara panjang dan tinggi ikan koi.
• Memiliki kesehatan yang baik serta prima dengan ciri tidak terlihat lemas dan cukup aktif.
• Sebaiknya hindari ikan koi yang senang menyendiri maupun memiliki cacat fisik yang kurang baik.

Ikan Koi Yang Bagus Bercorak Unik
Panduan berikutnya sebagai cara memilih ikan koi yang bagus dan berkualitas yaitu memastikan ikan koi memiliki corak yang unik. Umumnya memang pada badan ikan koi akan terbentuk warna dan corak tertentu pada tiap jenisnya. Oleh sebab itu sangat penting untuk memperhatikan corak yang timbul di badan tiap jenis ikan koi.
Jika corak yang terbentuk unik dan berbeda, umumnya harga ikan koi tersebut akan cukup mahal di pasaran. Tetapi sebaiknya pastikan bahwa corak tersebut alami dan bukan buatan. Misalnya jika corak di tubuh ikan koi menyerupai huruf atau lambang tertentu. Biasanya yang seperti ini akan lebih banyak dicari maupun diminati oleh banyak pecinta ikan koi. Hal inilah yang membuat banyak peternak ikan koi berusaha membudidayakan jenis ikan koi unggulan dengan warna menarik dan corak jelas yang unik serta menarik. Sehingga nantinya harga ikan koi yang akan dijual memiliki harga cukup tinggi. Dibandingkan biaya operasional yang tidak jauh berbeda, memang memelihara jenis ikan koi yang bagus dan bercorak unik memang lebih menguntungkan.

Perhatikan Pola Warna Koi
Langkah berikutnya bagi seorang peternak pemula ikan koi yaitu berusaha untuk memperhatikan pola warna yang terdapat pada tubuh ikan koi. Ada baiknya untuk memilih tanda serta warna yang proporsional di badan koi. Sebaiknya perhatikan dengan jelas bagian perut serta mulut ikan koi. Biasanya area ini akan didominasi warna putih. Selain itu juga penting memperhatikan warna pada kepala ikan koi tersebut.
Apabila memilih ikan koi untuk tujuan kontes, maka perlu diperhatikan bentuk kepala, ekor dan punggung ikan koi. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan secara detail pola warna ikan koi di bagian tubuh tersebut untuk diikut sertakan dalam lomba. Misalnya jika ikan koi kohaku biasanya warna merah ikan tersebut cukup tegas sehingga terlihat menarik untuk diikutkan pada lomba ikan koi. Sementara untuk bagian sirip dan leher akan berwarna putih terang. Maka jenis ikan kohaku ini umumnya akan memiliki penilaian yang cukup baik.

Pilih Ikan Koi Dengan Postur Simetris
Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih jenis ikan koi lokal yaitu memastikan untuk memilih ikan koi dengan postur simetris. Hal ini cukup penting supaya mendapat benih ikan koi yang baik dan berkualitas. Sehingga budidaya ikan koi nantinya juga lebih maksimal.
Sebaiknya pastikan pilih ikan koi yang punggungnya lurus dan sedikit melengkung saat ikan sedang berenang. Amati dengan teliti supaya tidak salah memilih jenis ikan koi terbaik yang diinginkan. Umumnya perbandingan panjang dan tinggi yang maksimal yaitu sebesar 3:1. Selain itu jika dilihat lebih dekat, ikan koi lokal yang baik tentunya tidak memiliki cacat. Seluruh anggota tubuh cukup lengkap termasuk siripnya juga sempurna. Ini berarti ikan koi yang dipilih merupakan ikan koi unggulan dengan kualitas sehat dan prima.